Halaman

23 Januari 2014

Arti Sebuah Kerja Keras


Kali ini aku mau bercerita tentang pengalaman ketika aku SMP dulu, saat masih kelas 1 atau kelas 2 gitu deh. Nggak tau ya, kok tiba-tiba teringat kejadian waktu itu...

Sejak zaman dahulu kala, ada dua mata pelajaran yang bagiku merupakan mata pelajaran tersusah, yakni Kesenian dan Olahraga. Nilaiku selalu rendah di dua mata pelajaran tersebut. Selalu, selalu, dan selalu nilainya berkisar di angka 6 atau 7. Kalaupun dapat nilai 8, bisa dihitung dengan jari deh. Dari SD sampe SMA, paling cuma berapa kali aja dapat 8, bisa dihitung dengan 1 tangan malah saking sedikitnya! 

Dalam mata pelajaran kesenian, kalau sekedar menggambar pemandangan standar, bisa deh. Pemandangan dua gunung, ada matahari di tengahnya, trus ada jalan dari bawah matahari itu, dan ada sawah di kanan kirinya. Bisa banget itu. Dari TK, gambarnya itu mulu :D

Tapi kalau udah disuruh gambarin orang atau benda, pikir-pikir dulu deh ya. Dalam hal musik juga luar biasa parahnya. Kalau cuma main seruling atau ngapalin not, bisa lah. Tapi, kalau udah disuruh nyanyi apalagi pake diiringi musik, nyerah! Nggak tahu aku kapan harus masuknya. Jangan-jangan ntar musiknya udah selesai, aku baru mau nyanyi :D

Menari? Hohoho... gini-gini aku pernah nari lho! Di sekolah pernah, di luar sekolah pernah juga. Tapi, kalau misalnya aku yang di depan atau yang disuruh gerak pertama kali, alamat bingung deh kapan harus mulainya. Pernah dulu, saat acara perpisahan SMP, aku dan teman-teman nari di acara tersebut. Aku yang di barisan pertama sebelum masuk ke pentas untuk nari. Gara-gara grogi dan lupa hitungan, harusnya belum masuk eh akunya malah udah lenggak lenggok duluan. Terpaksa deh nebalin muka, balik badan dan gabung lagi sama teman-teman yang masih setia bertengger di samping pentas.  Jadi ya maklum-maklum aja lah kalau pada salah gerakannya jika aku yang dijadikan komandan narinya.

Susah bo’ ngapal gerakan tarian. Pasti selalu mikir, abis gerakan ini, gerakan apalagi ya??? Senam juga gitu. Kalau misalnya disuruh senam sendiri tanpa instruktur atau yang bisa dicontoh, susah. Nggak ingat urutan gerakannya.

Dalam bidang olahraga lainnya, sama aja sih. Emang rata-rata aku nggak bisa. Ditambah akunya juga malas olahraga. Klop deh!

Ups, balik lagi. Pas kelas 1 atau 2 SMP itu, aku pernah disuruh menggambar kepala orang tampak depan dalam pelajaran kesenian. Kapok! Beberapa temanku minta tolong sama teman lainnya yang pandai menggambar. Berhubung aku juga nggak pandai menggambar, ya udah aku mintol temanku juga. Hasil gambarnya biasa aja sih. Nggak bagus-bagus amat. Mungkin dianya sibuk kali ya, banyak tugas teman lainnya yang harus dibuatin ma dia. Jadi, ya ala kadarnya. Tapi, bagiku itu udah bagus banget. Kalau aku yang buat, belum tentu bisa sebagus itu hasilnya. Jangan-jangan kepala orangnya nggak simetris aku buat. Hehehe...

Tiba hari pengumpulan tugas. Tugasku itu dapat nilai 6. Ya udah deh, toh biasanya juga sekitaran segitu nilainya. Tapi, abis itu dikasih tugas lagi sama gurunya. Disuruh ngegambar muka orang lagi tampak samping. Seminggu kemudian harus dikumpulkan. 

Nggak tahu kenapa kok waktu itu aku nggak minta tolong buatin lagi sama temanku. Aku mikir, buat sendiri aja deh. Toh dari samping ini, nggak ribet banget. Nggak mesti simetris mukanya. Jadinya, aku milih ngegambar muka wanita dewasa.

Hampir setiap hari selama seminggu itu aku kerjain tugasnya. Bagian muka yang aku pikir nggak pas bentuknya, aku hapus dan aku gambar ulang. Begitu berkali-kali dan setiap hari. Saking seringnya dicoret dan dihapus, buku gambarnya udah nggak rapi lagi. Banyak bekas coretan pensil di kertasnya. Sebenarnya, bagian yang salah udah aku hapus bersih. Hanya saja bekas tekanan pensilnya masih terlihat jelas. 

Saat hari pengumpulan tugas, tibalah saatnya penilaian tugasku. Tugasnya dikumpul bersamaan sih sebenarnya sama tugas teman-temanku yang lain. Tapi, berhubung aku duduk tepat di depan guruku, aku bisa lihat bahwa tugasku yang sedang dinilai.  Lumayan lama ibu itu memperhatikan gambarku. Diraba beliau buku gambarku itu, mungkin mau merasakan bekas tekanan pensil yang masih terlihat jelas itu. Deg-deg-an lho! Sayang, dari bangkuku tidak bisa kulihat jelas berapa nilai yang diberikan guruku itu. Setelah dibagikan kembali hasil tugas kami, baru deh bisa aku lihat angka 8 yang dengan manis bertengger di buku gambarku :D

Wow, bangga banget rasanya! :D

Aku lho yang jarang-jarang dapat nilai 8 dalam pelajaran kesenian, sekarang malah bisa dapat 8! Mana gurunya terkenal pelit ngasi nilai lagi. Terbayar deh hasil kerja kerasku.

Mungkin guruku menilai hasil tugasku tidak hanya dari bagus/tidaknya gambarku, tapi dari hasil kerja kerasku membuat gambar tersebut. Dan memang beda ya rasanya kalau hasil kerja keras kita diganjar dengan baik. Kalau misalnya gambar temanku kemarin diberi nilai 8, mungkin rasa senangnya nggak seperti rasa senang saat tugasku, hasil kerja kerasku sendiri dapat nilai 8. Belajar satu hal lagi dari pengalaman tersebut tentang pentingnya arti kerja keras :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih ya karena sudah berkunjung dan memberi komentar di postingan ini ^_^

Oiya, kalau kamu ingin berkomentar, tapi nggak punya akun blogger, kamu bisa pilih openID, ntar bisa masukin link email ato URL kamu lainnya. Lalu, kasi komentar deh :)