Halaman

1 November 2011

TIPS BELANJA ONLINE

Beberapa waktu yang lalu, seorang sahabat ngasi info tentang satu toko online. Tokonya bagus sih. Produknya menarik, unik, dan beda banget sama yang lain. Pas tau mereka lagi nyari distributor, langsung deh ngarep tingkat tinggi bisa jadi distributornya. Hehehe...

 Tapi, pas lagi nanya-nanya sama mbah Google tentang toko tersebut, gak taunya nemu situs yang ngasi komentar negatif tentang toko yang bersangkutan. Langsung deh aq baca mpe abis komentarnya itu. Gak cuma di web nya aja, tapi di toko online tersebut, beliau ini juga mengeluarkan semua "kekecewaannya" terhadap toko tersebut. Awalnya sih ingin berpikir positif terhadap toko itu. Mungkin ada salah paham diantara mereka. Mungkin si beliau tadi sengaja mengeluarkan komen-komen negatif dalam rangka menjatuhkan imej toko tadi. Namanya juga usaha, biasa kan kalo coba saling jatuh menjatuhkan?

 Tapi keraguan mulai timbul pas si beliau tadi nyodorin bukti-bukti nyata tentang tindak penipuan toko online tadi. Nah lho? Udah ngarep banget ni bisa kerja sama dengan toko tadi. Tapi kalau ternyata jadi korban penipuan? Ogah ah! Memang sih, masih ada kemungkinan kalau bukti-bukti itu cuma rekayasa, Tapi.... mending milih jalan aman aja deh. Apalagi pas ngeliat tanggapan pemilik toko terhadap pertanyaan-pertanyaan konsumennya. Walau bagaimanapun, konsumen adalah raja. Sebagai penjual, harusnya bisa ngasi pelayanan terbaik ke konsumennya, tanpa membedakan berapa nominal belanjaan mereka. Walaupun misalnya pesanan belanjaan si pembeli nominalnya kecil, bukan berarti penjual gak harus melayani dengan baik kan? kecuali kalo misalnya ada peraturan dari toko itu yang mengatakan minimal pembelanjaan sekian. Trus si pembeli udah dikasi tau beberapa kali, tapi masih ngeyel juga, nah baru deh bisa dimengerti kalo misalnya penjual jadi "agak" nggak sabaran. Tapi whatever lah.

 Yang jelas, belajar dari pengalaman tersebut dan pengalaman dalam menjadi bertransakasi online, saya mau ngasi tips untuk kamu-kamu seputar belanja online. Apa tipsnya? Cekidot... :D

1. Pastiin kalo toko online tersebut BUKAN TOKO FIKTIF! caranya gimana? Kamu bisa liat testimoni pelanggannya. Kalau pelanggan puas sama layanan di toko tersebut, biasanya pelanggan akan menyatakan kepuasannya melalui testimoni. Kalo gak puas, apalagi kalo ditipu, biasanya pelanggan juga akan mencurahkan semua sumpah serapahnya di testimoni :D Tapi mesti hati-hati juga ya. karena testimoni tetap aja bisa direkayasa. 

2. Liat alamat fisiknya. Kalau toko online tersebut ngasi alamat toko fisiknya, kamu bisa cek langsung deh ke tokonya, di jalan apa, no berapa, kota mana, dsb. Tapi sayangnya, gak semua toko online ngasi alamat fisiknya. Karena ada beberapa toko online yang memang hanya menjalankan aktivitasnya secara online. 
3. Kalau misalnya ada, liat bukti transaksi toko tersebut. Lebih bagus lagi kalo misalnya bisa ngecek sebagian no resi paket untuk pelanggan mereka. Eh, kalo mau ngecek semua no resi nya juga gpp kok (rajin amat!) :D
4. Cek n ricek tentang pemilik toko n tokonya. Bisa tanya mbah google atau kalau misalnya tokonya di situng jejaring sosial, bisa tanya ke teman/knalannya


5. Liat gimana pelayanan yang diberikan kepada customer. Penjual sejati akan memperlakukan customer layaknya raja karena nama baik toko mereka dipertaruhkan dalam proses jual beli tersebut. Trus sang penjual pastinya ngarep kalau customernya puas trus balik lagi ke toko mereka :D 


6. Trus apalagi ya???


Oiy, kalau misalnya toko online nya baru berjalan gimana? Belum ada pelanggan yang ngasi testimoni ke mereka, belum ada bukti transaksi yang bisa kita cek, trus karena buka toko fisik butuh dana besar, mereka cuma jualan online aja, dll. Pokoknya belum bisa di cek secara akurat lah. Trus gimana? 


Ya...modal percaya aja x ya. Mungkin untuk awal, belanja dikit aja dulu. Kalau ternyata bisa dipercaya, baru deh belanja banyak. Trus sebagai customer, jangan lupa ngasi testimoni di toko online nya penjual ya. Karena testimoni itu akan membantu teman-teman kita diluaran sana untuk bisa memilih toko online yang tepat untuk tempat belanja mereka. Oke? Oke? 


 Kalau ada tips yang lainnya, monggo di share di commet dibawah ini ya... _^)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih ya karena sudah berkunjung dan memberi komentar di postingan ini ^_^

Oiya, kalau kamu ingin berkomentar, tapi nggak punya akun blogger, kamu bisa pilih openID, ntar bisa masukin link email ato URL kamu lainnya. Lalu, kasi komentar deh :)