Halaman

18 September 2010

Peduli Lingkungan: Pemerintah Melarang Peredaran Minuman Kemasan Plastik

Beberapa hari yang lalu saya melihat sebuah berita yang menarik di tv. Disitu dikatakan bahwa di Bundanoon, salah satu kota di Australia, minuman kemasan plastik dilarang beredar. Kenapa?

Ternyata pemerintah sana membuat aturan tersebut guna membatasi sampah plastik yang dihasilkan masyarakat Bundanoon. Minuman dengan kemasan plastik sekali pakai tidak boleh beredar dan diperjualbelikan disana. Namun, botol-botol minuman plastik yang bisa diisi ulang tetap diperbolehkan untuk beredar.
Kamu tau dong kalau plastik itu termasuk benda yang sulit diuraikan. Satu kantong plastik saja perlu waktu bertahun-tahun untuk bisa diuraikan. Tentunya kondisi itu akan lebih parah jika sampah kemasan plastik semakin banyak. Apalagi sampah kemasan plastik dari minuman karena minum merupakan salah satu kebutuhan yang vital bagi manusia. So, wajar aja kali ya kalo sampah hasil kemasan minuman semakin banyak? Trus yg di Bundanoon tadi gimana?

Upaya penyelamatan lingkungan tersebut tidak berhenti disitu. Untuk melancarkan pelaksanaan peraturan tersebut, pemerintah sana juga menyediakan beberapa keran air minum yang bisa dinikmati secara gratis. Masyarakat Bundanoon juga bebas mengisi ulang botol minuman mereka disana. Dengan demikian, salah satu sumber sampah dapat dibatasi dan kelestarian lingkungan bisa tetap terjaga. Salut deh buat Bundanoon!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih ya karena sudah berkunjung dan memberi komentar di postingan ini ^_^

Oiya, kalau kamu ingin berkomentar, tapi nggak punya akun blogger, kamu bisa pilih openID, ntar bisa masukin link email ato URL kamu lainnya. Lalu, kasi komentar deh :)