Halaman

17 September 2010

Usir Nyamuk Dengan Cara Alami

Guys, udah tau dong kalo nyamuk, hewan kecil dan imut ini merupakan hewan yang bisa mengganggu manusia. Bentuk gangguan itu bisa dalam bentuk gangguan suara (uh...saya paling gak bisa tidur kalo dengar suara nyamuk yang berdenging. Rasanya gatal aja tangan saya pengen memukul nyamuk tersebut).
Selain itu, nyamuk juga suka menghisap darah manusia. Namun, gangguan yang lebih parah terjadi kalau ternyata di dalam darah nyamuk yang menggigit manusia itu tersimpan virus-virus tertentu. Malaria, demam berdarah, filariasis, adalah sebagian dari contoh penyakit yang diakibatkan oleh nyamuk.
Untuk menghindari gangguan tersebut, kan udah banyak tuh disediakan obat anti nyamuk dengan beragam bentuk. Ada yang lotion, obat nyamuk bakar, obat nyamuk semprot, elektrik, dsb. Nah, untuk kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas kembali mengenai cara mengusir nyamuk secara alami. Gak ribet kok. Cukup menyediakan tanaman berikut aja disekitar rumah atau di dalam rumah ;-)

1. Lavender
Udah kenal dong ya dengan tanaman yang satu ini? Aroma/ekstrak tanaman ini sering dipakai untuk obat anti nyamuk. Tanaman ini memiliki aroma yang wangi dan cara pengaplikasiannya pun sederhana. Cukup digosok-gosokkan ke badan agar semua nyamuk menjauh dari anda. Simpel kan?

2. Geranium
Tanaman ini tumbuh liar di seputar sawah. Daunnya diambil lalu diselipkan di antara pakaian dalam lemari. Khasiatnya mampu mengusir nyamuk dan ngengat, juga memberikan aroma khas. Cara pakainya dengan menggoyangkan helai daun agar wangi khasnya keluar.

3.Serai Wangi
Serai wangi mengandung zat-zat seperti geraniol, metilheptenon, terpen-terpen, terpen-alkohol, asam-asam organik, dan terutama adalah sitronelalyang dapat mengusir nyamuk. Cara pakainya dengan membuat ekstraknya. Sediakan 1 kg daun dan batang serai wangi, lalu cuci dan tiriskan sampai kering. Masukkan dalam blender, lalu haluskan. Masukkan hasil blenderan ke dalam 250 ml air, lantas rendam selama semalam. Setelah itu, saring dan masukkan ke dalam botol, lalu encerkan dengan aquades.
Untuk menggunakannya, tuangkan ekstrak serai wangi ke dalam alat penyemprot, lalu semprotkan ke tempat dimana nyamuk-nyamuk bersembunyi.

4. Selasih
Tanaman selasih dipercaya mengeluarkan aroma yang cukup tajam bagi serangga. Cara pakainya sederhana. Cukup letakkan selasih di dalam rumah anda. semakin lama semakin baik karena aroman yang dikeluarkan semakin menyengat bagi serangga sehingga nyamuk-nyamuk cepat minggat dari rumah anda.

5. Rosemary
Dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk dengan menggosok-gosokan daunnya ke kulit. Aroma yang dihasilkan mirip seperti aroma minyak kayu putih. Aroma ini dapat mengacaukan penciuman nyamuk.

6. Zodia
Tanaman Zodia adalah tumbuhan yang paling favorit sebagai pengusir nyamuk. Tanaman ini memiliki kandungan evodiamine dan rutaecarpine yang tak disukai serangga. Zat tersebut menghasilkan aroma yang tajam, jika tertiup angin aroma itu mudah sekali tersebar ke seluruh ruangan. Ada baiknya anda menanam zodia dalam pot dan meletakkannya di salah satu sudut ruangan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih ya karena sudah berkunjung dan memberi komentar di postingan ini ^_^

Oiya, kalau kamu ingin berkomentar, tapi nggak punya akun blogger, kamu bisa pilih openID, ntar bisa masukin link email ato URL kamu lainnya. Lalu, kasi komentar deh :)