Halaman

2 Desember 2011

Mari Bersyukur! ^_^

Manusia emang gak pernah puas. Selalu aja ada celah untuk merasa bahwa dirinya gak cukup mendapatkan kebahagiaan, rezeki, nikmat, anugerah, dan sodara-sodaranya. Begitu juga denganku (hehehe...jadi ceritanya mo curhat nih :D)

Pada zaman dahulu kala, saat masih sekolah, saat masih nuntut ilmu kesana kemari, saat harus mengorbankan kebersamaan dengan keluarga untuk menuntut ilmu, saya pernah mikir:


"Sekarang aja udah jauh dari keluarga. Kalo pun pulang saat liburan, gak lama. Padahal ntar kalau udah tamat, udah nikah, bakal ikut suami. Kemungkinan gak tinggal sama ortu lagi. Oke deh, kalo gitu ntar kalo udah tamat, nyari kerja di kampung aja. Supaya ada waktu untuk bersama keluarga sebelum ntar pisah lagi,"

Yak, maka diniatkan seperti itu. Hingga sekarang, setahun lebih udah berjalan dari saat terakhir wisuda. Setahun lebih juga udah berjalan dengan menghabiskan waktu di rumah, bersama keluarga. 

Lamaran kesana kemari udah diantar, tapi gak satu pun nyantol. Interview udah beberapa kali dilaksanakan. Tapi keberuntungan masih belum berpihak. Sampai-sampai saya bosan ikut interview! Bosan setiap hari beli koran nyari lowongan kerja. Bosan setiap malam minjam modem bapak (maklum, belum punya modem waktu itu :D) untuk ngenet dan buka situs lowongan kerja. Bosan ngirim lamaran kesana kemari. Bosan nyisihin waktu untuk interview (mana kebanyakan masukin lamaran di daerah lain, maklum gak banyak lowongan di daerah saya). Bosan ngerasa deg-deg-an pas mau di interview.

Akhirnya, saya pun mutusin untuk mencoba mandiri. Buat usaha sendiri. Yak, usaha pun dimulai! 

Usaha kecil-kecilan memang. Pernah nyoba buat kerajinan flanel. Tapi gak lama, bosan buatnya. Biasa, kendala di pemasaran juga. Ngapain capek-capek buat kalo gak bisa dipasarin? Trus nyoba usaha tas. Yang ini lebih awet usahanya. Walau badai menghadang, insyaAllah tetap masih dijalani. Masih bisa bertahan karena dukungan dari orang-orang terdekat (thanks all :D). 

Tapi yang namanya buat usaha sendiri, yang namanya wiraswasta kan gak seperti kerja sama orang. Lebih enak memang, lebih bebas dalam bekerja, tapi gak setiap bulan dapat penghasilan yang tetap. Dan yang lebih penting, gak setiap bulan dapat penghasilan!!!

Kalau saya sih lumayan. Tapi tetap aja belum bisa ngalahin orang yang kerja kantoran. Belum bisa nabung. Maka mulailah, frustasi lagi. Bingung lagi nyari cara untuk bisa mendapatkan penghasilan lebih. 

Lama-lama, bosan lagi. Bosan dengan yang udah ada. Udah seperempat abad, tapi kok masih belum bisa ngasih sesuatu untuk orangtua. Belum bisa diandalkan. Malu juga sama teman. Teman-teman udah pada kerja, tapi saya??? hiks...

Teringat kata-kata mama, "semua orang punya jalannya masing-masing. Gak setiap jalan mulus. Kadang berliku. Selama ini, Ami kan jalannya mulus-mulus aja. Mau sekolah kemana aja bisa. Kuliahnya juga tepat waktu. Mungkin kali ini, memang agak berat. Tapi sabar aja. Jangan sampai stress mikirinnya. Allah pasti memberikan yang terbaik."

Pas dibilangin gitu, saya sih tertawa aja dalam hati. Soalnya pada saat itu kadar semangat dan optimisme lagi tinggi-tingginya. Jadi, saya ngerasa saya fine-fine aja. Tapi saat lagi bosan dan jenuh dengan keadaan ini, teringat lagi dengan kata-kata itu. Mencoba bersabar. Tapi lama kelamaan muncul juga pertanyaan: "Ya Allah,  kapan semuanya berakhir???"

Untungnya, lagi-lagi selalu ada yang jadi tempat curhat (makasih utk abangku tersayang :D). Seenggaknya, masih bisa berusaha untuk tetap tegar dan ada yang membantu menguatkan dalam menghadapi semua ini. Gak terus terpuruk dalam kesedihan dan keputus-asaan. Trus, untungnya keluargaku tetap pengertian dan sabar, Selalu mendukung dan mendoakan yang terbaik untukku (I do grateful having a great family like them).

Dan akhirnya, kemarin teringat lagi dengan niat yang dulu. 
Flash back..... eng..ing...eng....

"Sekarang aja udah jauh dari keluarga. Kalo pun pulang saat liburan, gak lama. Padahal ntar kalau udah tamat, udah nikah, bakal ikut suami. Kemungkinan gak tinggal sama ortu lagi. Oke deh, kalo gitu ntar kalo udah tamat, nyari kerja di kampung aja. Supaya ada waktu untuk bersama keluarga sebelum ntar pisah lagi,"

Akhirnya, jadi mikir.....

"Mungkin ini memang yang ditakdirkan Tuhan. Mungkin ini jalan yang terbaik untukku saat ini."

Trus, mikir lagi. Mencoba melihat permasalahan ini dari sudut lain. 

Mungkin memang ini yang terbaik. Seenggaknya sekarang saya punya waktu yang lebih berkualitas dan tak terbatas bersama keluarga. Jadi, kalau misalnya suatu saat saya harus nikah dan meninggalkan keluarga karena ikut suami, saya nggak akan terlalu sedih-sedih kali. Saya nggak akan pernah merasa menyesal karena tidak pernah memiliki cukup waktu dengan keluarga saya yang sekarang. Walaupun saya nggak bisa membantu banyak untuk urusan "dapur", seenggaknya saya bisa ngasi tenaga saya untuk keperluan keluarga saya. Saya bisa menggunakan ilmu saya untuk keluarga saya. Saya bisa menentramkan hati orangtua saya. Saat mereka pulang ke rumah, saat capek kerja seharian, mereka bisa mendapatkan rumah dalam keadaan bersih dan nyaman. Saya bisa meringankan beban mereka. Seenggaknya, mereka gak harus mikirin tentang urusan sekolah adik saya. Saya bisa membantu mengurus adik saya dan keperluan sekolahnya. Seenggaknya itu yang bisa saya lakukan saat ini untuk membahagiakan mereka.

Maka, apa yang perlu saya risaukan? Kenapa harus gak bersyukur saat begitu banyak hal indah yang bisa saya peroleh dalam kehidupan ini? Bukannya saya berniat untuk membuat hidup saya yang sederhana ini menjadi hidup tanpa penyesalan? Bukannya jauh-jauh hari saya ingin senantiasa bersyukur dalam hidup saya? 

Hidup terlalu singkat untuk dipenuhi dengan kerisauan dan kesedihan sementara ada begitu banyak hal yang harus disyukuri. Saat terlibat dalam satu masalah, coba melihat masalah itu dari sudut pandang lain.

Teringat kata-katanya Dumbledore kepada Snape di buku ketujuh Harry Potter:

"Kamu melihat apa yang ingin kamu lihat"

Bener tuh. Coba deh, kalau kita ingin beryukur, sepenuhnya bersyukur (gak dipengaruhi keinginan untuk tidak beryukur di dalam hati), maka yang akan kita lihat hanya betapa indahnya hidup dan begitu banyaknya nikmat Tuhan yang kita dapatkan. Namun, jika kita ingin protes dan merasa gak cukup dengan apa yang ada, maka ya sudahlah. Gak akan pernah tentram sekeping hati itu.

Saya yakin, Allah akan senantiasa memberikan yang terbaik untuk saya. 

***


(ditulis dalam rangka meningkatkan semangat yang telah sekarat dan keinginan untuk sharing. Karena saya tahu, dengan sharing, maka beban menjadi lebih ringan. Dan moga aja tulisan ini juga bisa meningkatkan kadar semangatmu :D)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih ya karena sudah berkunjung dan memberi komentar di postingan ini ^_^

Oiya, kalau kamu ingin berkomentar, tapi nggak punya akun blogger, kamu bisa pilih openID, ntar bisa masukin link email ato URL kamu lainnya. Lalu, kasi komentar deh :)