Halaman

25 Januari 2014

Korban Iklan

Iklan emang jadi salah satu media promosi yang nggak ada matinya. Dengan adanya iklan bisa menarik orang lain untuk membeli produk yang sedang dipasarkan tersebut. Banyaknya iklan, khususnya di tv, kadang bisa jadi hiburan tersendiri. Maklum aja, kadang iklannya suka aneh-aneh. Tapi ya, banyak juga iklan nggak jelas dimana apa yang diiklankan nggak sesuai kenyataan. 

1.        Pernah nonton iklan pembersih toilet nggak? Ada tuh salah satu iklan pembersih toilet yang THH. Ada kata-kata dalam iklannya seperti berikut (kalau nggak salah redaksinya seperti ini sih, kalau salah ya maap, tapi maksudnya sama kok):
“Mau toilet baru hanya sekian rupiah? Pakai ******. Semprot sedikit, menunggu, siram, toilet akan kembali baru”


Dipraktekin deh cara kerjanya di iklan tersebut. Tapi coba deh perhatikan baik-baik. Toiletnya rata disiram pake permbersih. Jangan-jangan perlu satu botol pembersih tuh untuk  nyiram toilet seperti yang dilakukan di iklan itu. Jadi, maksud kata-kata “sedikit” di iklan itu apa ya? Kalau sedikitnya kayak gitu, banyaknya gimana ya???


 2.        Trus ada iklan mie kemasan mini. Biasa deh, kalau laper, dianjurin makan mie itu. Simpel. Satu gelas penuh mie nya. Kenyang deh. Tapi ya, perasaan kalau beli mie tersebut, satu bungkus palingan sepertiga gelas itu dapatnya. Apa ntar mienya dibiarin ngembang sengembang-ngembangnya (???) ya supaya dapatnya banyak kayak yang diiklan? Atau emang harus bikin tiga bungkus sekaligus? Mending beli mie ukuran biasa aja deh kalau gitu. Nggak repot buka bungkusnya.

Trus kadang suka tergoda beli mie gara-gara liat kemasannya. Enak banget tuh kayaknya. Di iklannya juga enak keliatannya. Lengkap banget. Tapi sayang, isinya nggak seenak seperti yang tertera di kemasan 



3.     Pernah liat iklan wafer nggak? Yang bentuknya bulat, panjang, bolong tengahnya.  Biasanya ditengahnya itu diisi coklat atau keju. Nah, liat deh kalau di iklan kan isinya itu full banget lho! Kadang ya bikin tergoda. Eh, nggak taunya pas  di beli, isinya cuma seoles. Sepertiga bolongannya nggak nyampe. Nipu banget ya iklannya?
Trus tahu iklan keripik-keripik gitu? Sama juga tuh ceritanya. Di iklannya, yang makan tuh nggak selesai-selesai makannya saking banyaknya isinya. Bahkan kadang ditampilin, isi keripiknya memenuhi bungkusan. Padahal, setiap kali beli keripik, perasaan banyakan anginnya daripada kerupuknya :-p

Bikin iklan sih boleh aja, tapi harusnya nggak sampai nipu gitu kan? Penasaran, emang nggak ada yang ngatur tentang periklanan gitu ya?

Trus, ada lagi nih iklan yang aneh menurutku.
Tau iklan odol gigi nggak? Ceritanya ada makhluk entah darimana datangnya, trus ngasi penjelasan tentang suatu produk odol gigi ke manusia yang katanya bisa ngilangin lubang nano di gigi, eh abis dijelasin gitu manusianya percaya aja dan beralih ke odol gigi tersebut. Aku mikir, kalau sekedar ngomong sih semua bisa aja. Tapi, ada buktinya nggak odol gigi tersebut bisa ngilangin lubang nano? Nggak kritis ah manusianya. Gampang dibujuk....

Ada lagi iklan mentega gitu. Ceritanya ada seorang anak yang ketinggalan nasi goreng di rumahnya. Nasi goreng dengan mentega gitu. Temannya yang tau anak ini ketinggalan bekal, dengan baik hati nawarin nasi goreng yang ia miliki. Tapi si anak nolak karena ia lebih suka nasi goreng buatan ibunya yang dimasak dengan mentega anu.
Aku mikir: “Ckckck... iklannya nggak ngajarin anak-anak untuk bersyukur nih. Udah syukur temennya berbaik hati ngasi makanan. Daripada laper kan?”

Iklan emang banyak jenisnya. Tapi jangan sampai deh buat iklan sembarangan. Yang nonton kan bisa jadi dari segala usia. Jangan sampai ntar malah ngajarin nilai-nilai jelek pada orang lain. Jangan buat iklan yang nipu juga deh.  Trus kitanya yang nonton/baca/dengar, juga harus kritis menilai suatu iklan. Jangan sampai ya ntar jadi korban iklan! ;-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih ya karena sudah berkunjung dan memberi komentar di postingan ini ^_^

Oiya, kalau kamu ingin berkomentar, tapi nggak punya akun blogger, kamu bisa pilih openID, ntar bisa masukin link email ato URL kamu lainnya. Lalu, kasi komentar deh :)