Halaman

4 Januari 2014

Oleh-Olehnya Kok Sama ya???


Pengertian oleh-oleh menurut artikata.com yaitu sesuatu yg dibawa dr bepergian; buah tangan.

Oleh-oleh kayaknya udah jadi hal yang wajib dibeli kalau misalnya jalan-jalan. Kalaupun beli oleh-oleh, pengennya tentu suvenir/oleh-oleh khas daerah yang dituju. Tetapi, sekarang ini kayaknya susah deh nyari oleh-oleh khas suatu daerah. Kalau diperhatikan, oleh-oleh di beberapa tempat wisata sepertinya sama saja bentuk dan cirinya.

Misalnya nih ya, beberapa tahun yang lalu aku pernah browsing tentang oleh-oleh khas bali. Aku nemuin satu suvenir berupa ikat rambut dengan hiasan bunga putih. Gambarnya seperti gambar disamping nih...


Nah, beberapa waktu kemudian, aku dan keluarga jalan-jalan ke Danau Toba. Pas di Tomok, aku nemuin suvenir/ oleh-oleh serupa yang dijual di toko-toko suvenir disana. Dalam hati aku mikir, “Emang Danau Toba sama Bali deketan ya? Kok bisa suvenirnya sama?”

Nggak lucu aja kan kalau misalnya kita pergi ke beberapa daerah trus benda yang dibeli untuk dijadiin oleh-oleh sama semua bentuknya.

Trus tau gantungan kunci papan surfing gitu nggak? Aku dulu pernah dibeliin oleh

-oleh itu. Tulisannya Danau Toba. Trus beberapa tahun kemudian, dapat gantungan kunci yang sama dengan tulisan Bali. Nggak tahu deh siapa yang buat duluan.

Pernah juga nih, beberapa hari yang lalu aku dapat oleh-oleh baju batik bertuliskan Bukit tinggi. Eh, pas liat labelnya ada tulisan “Batik Pekalongan”.

Berharap banget ya suatu saat nanti, pengrajin-pengrajin di masing-masing daerah bisa semakin banyak bermunculan dan membuat suvenir ataupun oleh-oleh khas daerah masing-masing. Jadi ada “identitas” daerahnya, nggak sama aja seperti daerah lainnya... Let’s pray for that ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih ya karena sudah berkunjung dan memberi komentar di postingan ini ^_^

Oiya, kalau kamu ingin berkomentar, tapi nggak punya akun blogger, kamu bisa pilih openID, ntar bisa masukin link email ato URL kamu lainnya. Lalu, kasi komentar deh :)