Halaman

29 Juli 2010

PERAWATAN KULIT BERMINYAK

Kulit berminyak mungkin menjadi momok bagi beberapa orang. Mudahnya timbul jerawat, kulit yang jadi “shiny” banget kalo di siang hari, dandanan yang mudah rusak dan terhapus oleh minyak di wajah, atau bahkan olok-olokan dari teman atau orang lain.

“ Wah, ada tambang minyak baru nih!”
“Mbak, harga minyak lagi mahal nih. Boleh minta minyak di wajahnya gak buat persedian di rumah?”
(duh, pengen ngejitak tu orang deh rasanya kalo sampe ngomong gitu)


Tapi teman-teman, kakak-kakak, ibu-ibu, adik-adik dan semua yang merasa punya masalah dengan kulit berminyak, tenang aja. Don’t worry be happy. Saya akan berbagi beberapa tips untuk perawatan kulit berminyak (hasil cuplikan sana-sini sih plus pengalaman pribadi juga. Hehehe...)

Penyebab kulit berminyak
•Pola makan yang buruk akan menjadi penyebab lebihnya kadar minyak, terlalu banyaknya lemak dalam tubuh yang bisa berasal dari makan-makanan yang manis dan berlemak tinggi.

•Menggunakan sabun dengan konsentrasi larutan alkali yang tinggi. Cara ini dipilih oleh sebagian orang dengan kulit wajah berminyak untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan kadar minyak di wajah. Namun, cara ini dapat mengakibatkan kondisi wajah semakin parah dan produksi minyak menjadi semakin berlebih.

•Pengaruh obat-obatan seperti obat untuk KB bisa memicu kulit menjadi berminyak.

•Terlalu sering mencuci wajah. Untuk anda yang memiliki masalah dengan kulit wajah berminyak, sebaiknya hindari mencuci muka dengan sabun yang berbentuk scrub karena bisa merangsang produksi minyak wajah.

•Faktor Hormonal atau hormon yang tidak seimbang atau pada saat masa puber bisa menjadi pemicu kulit berminyak.

•Pemilihan jenis kosmetik yang tidak tepat bisa menjadi kadar minyak di wajah menjadi meningkat.

•Faktor keturunan bisa dikatakan juga menjadi faktor kulit berminyak, biasanya orang tua yang mempunyai masalah kulit berminyak, akan diwariskan juga ke anaknya.

Perawatan yang bisa dilakukan:
•Kenali jenis wajah anda
Kadang tidak semua bagian wajah berminyak. Sebagian orang memiliki kelebihan minyak pada daerah T. Dengan demikian, perawatan yang dilakukan harus berbeda antara bagian yang berminyak dan tidak karena kebutuhan kulit yang berbeda. Gak mau dong karena nila setitik rusak susu sebelanga? Karena kesalahan perawatan, yang ada justru semua kulit wajah kita menjadi berminyak? Wah, makin parah ntar jadinya!

•Pentingnya kebersihan
Wajah berminyak harus sering dibersihkan. Kenapa? Karena wajah berminyak cenderung lebih cepat kotor. Debu-debu yang ada di udara akan lebih mudah menempel di kulit yang berminyak. Kalau dibiarkan saja, yang ada kulit wajah akan dihiasi dengan jerawat. Selain itu, kulit wajah berminyak cenderung kelihatan kusam setelah beberapa waktu atau beberapa jam. Membersihkan muka akan membuat kulit kelihatan lebih bersih. Namun, yang perlu diingat membersihkan kulit tidak perlu dilakukan dengan menggunakan sabun-sabun tertentu. Membasuh muka dengan air bersih sudah cukup untuk menghilangkan produksi minyak wajah, kecuali untuk saat tertentu, disarankan untuk mencuci wajah dengan produk khusus.

•Konsumsi banyak air putih
Dengan minum banyak air putih dapat membantu membuang toksin dalam tubuh, menjaga kesehatan kulit dan juga membantu membakar kalori dalam tubuh

•Memilih Sabun
Disarankan agar anda memilih sabun yang berbahan dasar alamiah, seperti minyak zaitun, almond atau alpukat. Kesemuanya memiliki fungsi resapan yang akan membantu pergantian kulit dan menjaga kelembaban.

•Perhatikan kosmetik anda
Pilih kosmetik yang sesuai dengan kulit anda. pastikan sebelum membeli bahwa kosmtk tersebut memang dirancang untuk jenis kulit berminyak. Menggunakan pelembab juga tetap disarankan untuk jenis kulit ini untuk mengontrol produksi minyak di wajah. Juga harus diperhatikan sebelum memakai kosmetik, wajah sudah harus dalam keadaan bersih agar tidak berpotensi menimbulkan jerawat. Kosmetik sebaiknya dipakai pada
saat wajah sudah kering agar kosmetik tersebut lebih bisa menempel di wajah.

•Gunakan krim pelindung jika beraktivitas di luar ruangan
Gunakan krim pelindung jika beraktivitas dibwah sinar matahari. Pilih krim SPF yang sesuai dengan kegiatan kita.

•Merawat kulit setiap hari
Merawat kulit dengan membersihkan sebelum dan sesudah beraktivitas. Hal yang tak kalah pentingnya yaitu dengan menggunakan produk pembersih dan penyegar baik ketika beraktivitas di luar ruangan maupun di dalam ruangan.

•Lakukan perawatan peeling pada wajah 1-3 kali seminggu
Lakukan cleansing kulit wajah pada pagi dan malam hari: Perlu dilakukan di malam hari – meski Anda tidak ber-makeup, karena wajah mudah dinodai oleh polusi. Perlu pula dilakukan pada pagi hari, karena kulit Anda mengeluarkan lemak dan kotoran pada malam hari


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih ya karena sudah berkunjung dan memberi komentar di postingan ini ^_^

Oiya, kalau kamu ingin berkomentar, tapi nggak punya akun blogger, kamu bisa pilih openID, ntar bisa masukin link email ato URL kamu lainnya. Lalu, kasi komentar deh :)