Halaman

2 Juli 2010

Yang Muda, Yang Osteoporosis

Sekitar 80% penderita osteoporosis adalah wanita, termasuk wanita muda yang mengalami penghentian siklus menstruasi (amenorrhea).wanita-wanita ini bisa mengelamai kerapuhan tulang karena memiliki tingkat estrogen yang lebih rendah. Estrogen merupakan suatu hormon yang membantu menyimpan kalsium.
Siapa saja wanita yang cenderung menderita osteoporosis?

1.Keturunan penderita
Jika ada anggota keluarga yang mengalami osteoporosis, maka berhati-hatilah. Osteoporosis menyerang penderita dengan karakteristik tulang tertentu sehingga gen/keturunan bisa berpengagruh terhadap kejadian osteoporosis.

2.Kurus dan Mungil
Perawakan kurus dan mungil memiliki bobot tubuh yang cenderung ringan, sedangkan tubuh akan giat membentuk sel asal ditekan oleh bobot yang berat. Karena posisi tulang menyangga bobot tubuh, maka tulang akan terangsang untuk membentuk massa pada area tersebut. Terutama pada daerah pinggul dan panggul. Jika bobot tubuh ringan, maka massa tulang yang terbentuk cenderung kurang sempurna.

3.Kurang olahraga
Wanita yang malas bergerak atau olahraga akan terhambat proses osteoblastnya. Selain itu kepadatan massa tulang akan berkurang.

4.Pola makan dan minum yang buruk
Daging merah, minuman bersoda, minuman berkafein dan beralkohol dapat menyebabkan tulang keropos. Makanan yang mengandung fosfor bisa merangsang hormon parathyroid, penyebab pelepasan kalsium dari dalam darah sehingga jenis makanan ini juga harus dihindari.

5.Mengkonsumsi obat kortikosteroid
Obat ini sering digunakan sebagai anti peradangan pada penyakit asma dan alergi. Jika sering dikonsumsi dalam jumlah tinggi akan mengurangi massa tulang sebab kortikosteroid menghambat proses osteoblast.

6.Kurang kalsium
Jika kalsium tubuh kurang, maka tubuh akan mengeluarkan hormon yang akan mengambil kalsium dari bagian tubuh lainnya, termasuk yang ada di tulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih ya karena sudah berkunjung dan memberi komentar di postingan ini ^_^

Oiya, kalau kamu ingin berkomentar, tapi nggak punya akun blogger, kamu bisa pilih openID, ntar bisa masukin link email ato URL kamu lainnya. Lalu, kasi komentar deh :)