Halaman

27 Juni 2010

Cara Mencegah Osteoporosis

Hilangnya hormon estrogen setelah menopouse meningkatkan kemungkinan terkena osteoporosis, gangguan yang menyebabkan tulang menjadi keropos dan rapuh. Cara paling tepat mengatasinya adalah memaksimalkan kepadatan tulang saat masih muda.
Umumnya orang mengalami kerapuhan dan kelemahan tulang saat berumur 30 sampai 35 tahun. Idealnya, pencegahan osteoporosis sebaiknya dimulai sejak anak-anak. Tetapi tidak masalah berapapun usia anda kini, anda masih bisa berusaha untuk menjaga tulang anda tetap sehat.
Berikut ada beberapa tips yang bisa anda praktekkan untuk menjaga kesehtan tulang anda:
1.Konsumsi 1000-1200mg kalsium per hari utk orang dewasa. Makanan yang kaya kalsium adalah susu, yogurt, keju, ikan salmon, dan brokoli.

2.Jika anda penderita osteoporosis, dokter akan memberikan tablet kalsium utk anda konsumsi. Namun, konsultasikan kepada dokter anda terlebih dahulu karena kalsium bisa berbahaya pada kondisi tertentu. Suplemen kalsium dianjurkan bagi mereka yang tidak kuat dengan laktosa dan bagi mereka yang tidak rutin mengkonsumsi tiga atau empat jenis makanan berkalsium setiap harinya.

3.Selalu berjemur di bawah sinar matahari. Sinar matahari dapat merangsang pembentukan vitamin D dalam tubuh. Vitamin D berguna untuk proses pembentukan tulang

4.Rajin berjalan kaki, jogging, olahraga, atau melakukan aktivitas lainnya yang membuat tubuh banyak bergerak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih ya karena sudah berkunjung dan memberi komentar di postingan ini ^_^

Oiya, kalau kamu ingin berkomentar, tapi nggak punya akun blogger, kamu bisa pilih openID, ntar bisa masukin link email ato URL kamu lainnya. Lalu, kasi komentar deh :)