Halaman

17 Juni 2010

Tipe Kecerdasan Kreatif

Kecerdasan kreatif mencerminkan bagaimana kita memandang dunia di sekitar kita. Mengetahui kecerdasan kreatif seseorang akan membantu untuk memprediksikan bagaimana orang itu akan bertindak dalam situasi yang berbeda dan dapat mendorong seseorang untuk memanfaatkan bakat-bakat yang ia miliki serta memaksimalkan bakat tersebut.
Terdapat 4 tipe kecerdasan kreatif, yaitu:
1. Tipe intuitif
Tipe ini menggambarkan individu-individu yang banyak akal dan merupakan tipikal manajer, aktor, serta politikus. Tipe kreatif intuitif ini menekankan pada pencapaian, kerja keras, dan kemampuan menyelesaikan masalah. Tipe ini terfokus pada hasil, menggunakan akal sehat, dan mengandalkan pengalaman masa lalu.
2. Tipe inovatif
Tipe ini menggambarkan individu-individu yang selalu ingin tahu dan merupakan tipikal ilmuwan, insinyur, dan penemu. Tipe inovatif ini menekankan pada daya cipta, eksperimen, dan sistematika informasi. Tipe ini mengatasi kompleksitas dengan mudah.
3. Tipe Imajinatif
Tipe ini menggambarkan individu-individu yang penuh pemahaman dan merupakan tipikal seniman, musikus, penulis dan pemimpin. Tipe imajinatif ini mampu mengidentifikasi peluang potensial. Tipe ini juga bersedia mengambil resiko dengan melanggar tradisi. Selain itu, tipe ini mempunyai pikiran yang terbuka dan sering mengandalkan humor untuk menyampaikan gagasannya.
4. Tipe inspirasional
Tipe ini menggambarkan individu-individu yang pengkhayal dan merupakan tipikal pendidik, pemimpin dan penulis. Tipe inspirasional ini mempunyai sudut pandang yang positif, berorientasi pada aksi terhadap kebutuhan masyarakat dan bersedia untuk mengorbankan diri demi mencapai tujuannya. Tipe ini terfokus pada memperkenalkan perubahan demi membantu sesamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih ya karena sudah berkunjung dan memberi komentar di postingan ini ^_^

Oiya, kalau kamu ingin berkomentar, tapi nggak punya akun blogger, kamu bisa pilih openID, ntar bisa masukin link email ato URL kamu lainnya. Lalu, kasi komentar deh :)