Halaman

26 Juni 2010

PLANNING

Hidup harus memiliki rencana. Tak hanya plan A, tapi kita juga harus memiliki plan B, C, D, dan seterusnya. Setidaknya, itu yang kini kurasakan. Aku hanya terpaku pada satu rencana dan tak membuat rencana lainnya. Sehingga saat rencana yang kubuat tak berjalan sempurna, aku bingung setengah mati memikirkan jalan keluar dari masalah yang membelengguku...

Memang, masih ada beberapa sisi potensial yang bisa kugali dan ku manfaatkan untuk keluar dari kemelut ini. Setidaknya begitulah pikiran awalku. Namun, saat aku mencoba membangkitkan sisi potensial itu, aku seolah menemukan jalan buntu.

It's not only about me! Sisi-sisi itu berkaitan dengan orang lain. Orang yang seharusnya bisa melakukan sesuatu untukku. Orang yang memang wajib melakukan itu. Aku hanya meminta hakku. Gak salah kan ?

Tapi mereka pun tak bisa diharapkan. Setidaknya pada saat itu. Saat aku benar-benar membutuhkan hakku. Tapi aku juga tak bisa memaksa mereka.

Ingin menangis. Ingin teriak. Bahkan kini perlahan mataku memanas dan seakan ingin mengeluarkan buliran-buliran hangat.

Ingin berbagi. Tapi dengan siapa? Semua orang punya masalah-masalah sendiri. Dan aku tak ingin membagikan bebanku untuk menambah beban mereka.

Berbagi dengan A? Sudah terlalu banyak beban yang kubagi dengannya. Akupun bingung harus memulai darimana jika bercerita dengannya. Dengan B? C? D? Meraka teman-teman dekatku dan secara langsung dan tidak langsung, mereka juga terlibat dalam masalah ini. Segan rasanya meminta bantuan mereka karena ini tentang aku dan mereka. Kewajiban yang harus aku tunaikan pada sebagian dari mereka dan hak yang harusnya kudapatkan dari sebagian yang lain,yang aku tau sama seperti aku, belum bisa menunaikan kewajibannya terhadapku saat ini.

Untuk sobat mayaku, aku hanya ingin berbagi. Jangan sampai kalian mengalami hal yang sama denganku. Buatlah beberapa plan dalam hidup kalian. Sehingaa saat satu plan tak berjalan lancar, masih ada plan lain yang bisa kalian jalankan. Setidaknya, kalian sudah siap untuk menghadapi segala kemungkinan....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih ya karena sudah berkunjung dan memberi komentar di postingan ini ^_^

Oiya, kalau kamu ingin berkomentar, tapi nggak punya akun blogger, kamu bisa pilih openID, ntar bisa masukin link email ato URL kamu lainnya. Lalu, kasi komentar deh :)